Assalamualaikum wr. Wb
Hallo semuanya, ketemu lagi diartikel ini dengan saya Revita Intan Maharani. Diartikel ini saya akan membahas tentang Pentingnya Attitude Dalam Dunia Kerja.Punya pendidikan setinggi apapun…?
Punya harta sebanyak apapun…?
Punya jabatan setinggi apapun…?
Inget , Attitude itu lebih penting karena attitude merupakan salah satu hal yang harus dimiliki oleh setiap orang. Attitude merupakan suatu sikap, perilaku, atau tingkah laku seseorang dalam melakukan interaksi dengan orang lain dan cenderung akan bertindak sesuai dengan sikap tersebut. Attitude merupakan reaksi atau respons kognitif (respons perseptual dan pernyataan mengenai apa yang diyakini), respons afektif (respons pernyataan perasaan yang menyangkut aspek emosional), dan respons konatif (respons berupa kecenderungan perilaku tertentu sesuai dengan dorongan hati). Attitude didasari oleh beberapa faktor yaitu faktor emosional dan motivasional. Attitude merupakan salah satu hal penting yang dapat meraih kesuksesan di dunia kerja, dimana attitude ini berperan dalam pembentukan karakter. Attitude pun sangat penting dimiliki oleh karyawan pada setiap perusahaan. Selain attitude, skill atau keterampilan dan knowledge atau pengetahuan juga penting untuk dimiliki karena itu juga berkaitan dengan kesuksesan. Dari sebuah penelitian di Amerika yang dikutip dari Disnakertrans, 90 % kasus pemutusan hubungan kerja (PHK) sebagian besar terjadi karena disebabkan oleh perilaku buruk contohnya tidak bertanggung jawab, tidak jujur, dan memiliki hubungan interpersonal yang buruk. Attitude yang ditunjukan oleh karyawan juga mencerminkan perusahaannya, bagaimana perusahaan akan dikelola serta bagaimana karyawan tersebut menghadapi suatu masalah pada perusahaan. Oleh karena itu, attitude mempunyai peran penting bagi sebuah perusahaan karena karyawan pun merupakan aset penting bagi sebuah perusahaan. Selain itu, attitude karyawan dapat mencerminkan brand image suatu perusahaan. Hal-hal ini lah yang menjadi alasan mengapa attitude dipertimbangan oleh perusahaan dalam memilih tenaga kerjanya. Terdapat 3 (tiga) tingkatan penerapan attitude menurut Notoatmodjo yaitu
♠ Menerima
Menerima atau receiving merupakan sikap orang memerhatikan hal yang diberikan dari orang lainnya
♠ Merespons
Merespon atau responding merupakan jawaban atau respon setiap orang ketika diberikan perintah oleh orang lain
♠ Menghargai
Menghargai atau valuing merupakan pemberian perintah atau ajakan dengan bersikap positif untuk mendiskusikan suatu masalah
♠ Tanggung jawab
Tanggung jawab atau responsible merupakan menerima resiko dan mampu menghadapi suatu konsekuensi yang terjadi dari pilihannya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar